Warga Mulyasih Desa Puncak Gotong Royong Perbaiki Jalan Menuju Wisata Cidadali

Pewarta : Adam Gumelar | Editor : Nurul Ikhsan

Fajarkuningan.com, Cigugur – Warga di dusun Mulyaasih, Desa Puncak, Kecamatan Cigugur bergotong royong memperbaiki jalan menuju Wisata Cidadali, sejak kemarin Minggu (5/6/2022). Akses jalan yang melewati area perkebunan sayur tersebut diperbaiki untuk memudahkan bagi petani sayur dan wisatawan.

Pantauan Fajarkuningan.com (grup Jabarbisnis.com) di lokasi, Senin (6/6), jalan yang sudah diperbaiki sepanjang ±50 meter. Anggaran untuk perbaikan bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2022 ini sebagian dialokasikan untuk perbaikan jalan yang menjadi akses utama menuju Wisata Cidadali. Penggunaan DD tersebut sesuai aturan Perpres yaitu 20 persen untuk program mendukung ketahanan pangan yang dialokasikan ke perbaikan Jalan Usaha Tani (JUT) Cidadali.

Warga bersemangat memperbaiki jalan di area perkebunan sayur Mulyaasih, Desa Puncak. FOTO: Fajarkuningan/Ekbang.

Ketua kelompok Wisata Cidadali Ahdiana menyebutkan dirinya sangat senang dengan adanya perbaikan akses jalan menuju wisata Cidadali. Yana sapaan akrabnya, akan memanfaatkan anggaran tersebut untuk mencukupi kebutuhan bahan-bahan material.

“Saya pribadi sangat senang dengan adanya perbaikan jalan ini, karena dengan akses jalan yang sudah rapih dan bisa dilalui, akan memudahkan para pengunjung wisata dan para petani untuk beraktivitas. Untuk pengunjung sendiri bisa dengan mudah membawa kendaraan roda empat, sementara ini kan baru bisa di lalui dengan roda dua,” kata Yana.

FOTO: Fajarkuningan/Ekbang.

“Untuk masyarakat juga bisa dengan mudah jikalau jalan sudah rapih dan bisa dilalui, apalagi disini kebanyakan mayoritas petani, jadi kalau jalan sudah beres para petani pun bisa dengan mudah beraktivitas,” tambahnya.

Dikatakan Yana, tidak hanya masyarakat, para pengurus pun mulai dari Kadus, LPM dan pengurus lainnya terlihat turun tangan membantu pengerjaan jalan yang di cor.

Kepala Dusun Mulyaasih Yahya turut serta membantu warga. Dinilai aktif, Kadus Yahya tak sungkan turun langsung mengangkat bahan material.

“Ya saya lakukan demi memicu atau memancing warga satu dua untuk lebih meningkatkan kinerja dalam rangka membangun Jalan Usaha Tani,” kata Yahya.

By Adam Gumelar

Aktivis lingkungan hidup ini terus bergerak untuk mencipta perubahan, untuk semesta alam tak rusak. Hobinya menanam pohon. Katanya, ia akan berhenti bergerak kalau teringat aroma kopi. Ya, Adam penikmat kopi sejati. Bergabung di Kantor Berita Kuningan (KBK) kata Adam seperti berada bangku sekolah yang tugasnya belajar, menulis dan dilatih peka. Selain memperkuat redaksi, cowok gede heureuy asal desa Puncak, Cigugur ini juga bergabung di Yayasan Wahana Mangrove Indonesia (WAHMI) dan Teman Sejalan Green Backpacker.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Menarik Lainnya