Karang Taruna Kelurahan Purwawinangun Gelar Baksos Donor Darah dan Pemeriksaan Mata

Pewarta : Jamaludin Al Afghani | Editor : Nurul Ikhsan

Fajarkuningan.com, Purwawinangun – Karang Taruna Kelurahan Purwawinangun, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan telah melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa donor darah dan pemeriksaan mata. Khusus sasaran peserta untuk pemeriksaan mata ditujukan bagi warga lansia yang memilik mata minus/plus, dan tidak dipungut biaya atau gratis.

Kegiatan baksos dilaksanakan pada Selasa 29 Maret 2022, dimulai Pukul 14.00-16.30 WIB, bertempat di Gedung Serbaguna Kelurahan Purwawinangun. Sebanyak 38 orang dengan sukarela mengikuti donor darah, dan 75 orang mengikuti pemeriksaan mata. Peserta yang mengikuti donor darah oleh pihak pantia diberikan bingkisan sembako.

BACA JUGA : Posisi Hilal Awal Ramadan 1443 H Masih di Bawah Kriteria Baru Imkanur-Rukyah MABIMS

Aksi baksos dengan mengangkat tema: Menyambut Ramadhan yang Penuh Berkah dengan Donor Darah Peduli Sesama, berjalan lancar dan sukses, serta mendapat respon positif dari pihak Kelurahan Purwawinangun dan masyarakat. Tampak warga sangat antusias mengikuti program baksos tersebut.

Dalam pelaksanaan baksos tersebut, pihak Panitia yang diketuai oleh Didi Caswadi, S.Pd, dan Karang Taruna Kelurahan Purwawinangun yang saat ini dipimpin oleh Oki Rohmania, S.Pd, serta Pembina Eman Sulaeman, S.Sos selaku Kepala Kelurahan Purwawinangun menggandeng pihak DPD KNPI Kuningan, PMI Kuningan, dan Rumah Sakit Juanda Kuningan.

BACA JUGA : Pemerintah Tetapkan Ramadan Jatuh 3 April 2022

“Kami di Karang Taruna Kelurahan Purwawinangun terus memprogramkan berbagai kegiatan, antara lain di bidang kepemudaan, kegiatan sosial, olahraga, keagamaan dan kewirausahaan, dengan tujuan keberadaan Karang Taruna sebagai wadah organisasi pemuda dan pemudi dapat berkontribusi positif untuk lingkungan dan masyarakat. Salah satu program yang sudah kami jalankan saat ini adalah bakti sosial donor darah dan pemeriksaan mata untuk warga lansia. Alhamdulilan berjalan lancar dan mendapat respon positif dari semua pihak,” ujar Oki Rohmania selaku Ketua Karang Taruna melalui rilis tertulis, Jumat (1/4/2022).

Sementara itu, Ketua Panitia Didi Caswadi menjelaskan, tujuan dari pelaksanaan baksos donor darah untuk membantu menambah stok ketersediaan darah di PMI Kuningan.

“Khusus kegiatan aksi donor darah, dari kami diharapkan dapat membantu pihak PMI Kuningan dalam menambah stok ketersediaan darah. Selain itu, dengan aksi donor darah dan pemeriksanaan mata diharapkan dapat memperkuat rasa kesetiakwanan sosial, kepedulian, dan rasa nasionalisme di masyarakat, mempererat rasa persaudaraan, dan menebarkan cinta dan kasih terhadap sesama,” ungkap Didi.

“Kami juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerjasama dan membantu hingga sukses terselenggaranya program Baksos ini. Insyaallah kegiatan baksos ini akan terus kami programkan. Mohon dukungannya,” pungkas Oki.

By Jamaludin Al Afghani

Ketua Karang Taruna Desa Galaherang, Kecamatan Maleber ini gandrung dengan kegiatan alam bebas. Mendaki gunung, berkemah dan menjelajah desa-desa menjadi hobinya sejak lama. Mahasiswa Pascasarjana Universitas Kuningan ini juga tertarik dengan isu-isu lingkungan hidup, selain isu-isu humaniora. Katanya, ia bangga menjadi orang desa yang ingin desanya maju, pemudanya berdaya, dan rakyatnya sejahtera. Gani bisa diintip aktivitasnya di instagram @afghani94.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Menarik Lainnya