Pertandingkan 7 Cabor, Wabup Ridho Buka Gebyar KOSN Tingkat Kecamatan Cilimus

Pewarta : Jamaludin Al Afghani | Editor : Nurul Ikhsan

Fajarkuningan.com, Cilimus – Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda menghadiri sekaligus membuka kegiatan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) tingkat Sekolah Dasar se-Wilayah Kecamatan Cilimus. Acara ditandai dengan menyalakan confetti dan memulai salah satu cabang olahraga, Kamis (24/2/2022).

Kegiatan yang digelar di Lapangan Cilimus Atletik Club (CAC) tersebut, dihadiri Anggota DPRD Kabupaten Kuningan Dapil IV H. Rusliadi, Ketua Korwil Pendidikan Kecamatan Cilimus Main, para guru olahraga SD se-Kecamatan Cilimus, serta sejumlah undangan.

Wabup mengatakan kegiatan KOSN merupakan ajang memberikan wadah berkreasi dan inovatif peserta didik sekolah dasar dengan mengedepankan sportivitas dalam pengembangan diri secara optimal sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan dibidang olahraga.

“Olahraga merupakan kegiatan fisik yang dapat membangkitkan semangat, menumbuhkan sportifitas, persahabatan, dan persaudaraan, juga dapat memiliki arti yang strategis bagi pembangunan watak bangsa,” ujar Wabup.

Menurut Wabup, pembangunan pendidikan harus mampu membangun seluruh potensi kecerdasan manusia agar berkembang secara optimal dan bermanfaat bagi diri sendiri, masyarakat dan pembangunan nasional termasuk pembangunan karakter dan jati diri bangsa.

“Kegiatan KOSN SD merupakan momentum yang tepat dan sangat berharga bagi anak-anak untuk dapat berprestasi dan berkompetisi secara sehat,” ucapnya.

Disamping itu, lanjut Wabup, KOSN dapat memberikan pengalaman belajar yang baik, yaitu belajar bekerja sama, mematuhi aturan, mengakui kelemahan diri sendiri dan belajar menghargai kekuatan lawan serta mengilhami nilai-nilai fairplay (jujur, bersahabat, hormat, dan bertanggung jawab) yang ada pada setiap pertandingan/perlombaan.

Dikatakan Wabup, KOSN diharapkan dapat berkontribusi pada keberhasilan pembinaan dan pengembangan olahraga di tingkat sekolah dasar, sehingga dapat mewadahi minat dan bakat peserta didik, khususnya dalam bidang kinestetik.

“Anak-anakku sekalian, bertandinglah dengan penuh semangat dan sportivitas untuk menunjukkan prestasi terbaik, tercepat, terkuat dan terindah. dan kepada para guru pembina olah raga, mari kita jadikan momentum ini sebagai sarana evaluasi atas proses pembinaan prestasi anak-anak didik kita untuk lebih baik dan berprestasi diajang yang lebih tinggi,” pungkasnya.

FOTO: Fajarkuningan.com/Diskominfo.

Sebelumnya, Ketua Korwil Pendidikan Kecamatan Cilimus, Main, menyampaikan Cilimus yang merupakan kecamatan muka di Kuningan bagian utara akan berusaha meningkatkan kualitas pendidikan termasuk dalam hal mengikuti lomba-lomba ditingkat Kabupaten.

Selain itu, dikatakan Main, KOSN juga sebagai ajang pencarian bibit-bibit unggul dalam bidang olahraga atletik di Kecamatan Cilimus. “KOSN Kali ini, akan mempertandingkan 7 cabang olahraga diantaranya, atletik kids, karate, pencaksilat, renang, futsal, badminton, dan bola voli,” jelasnya.

By Jamaludin Al Afghani

Ketua Karang Taruna Desa Galaherang, Kecamatan Maleber ini gandrung dengan kegiatan alam bebas. Mendaki gunung, berkemah dan menjelajah desa-desa menjadi hobinya sejak lama. Mahasiswa Pascasarjana Universitas Kuningan ini juga tertarik dengan isu-isu lingkungan hidup, selain isu-isu humaniora. Katanya, ia bangga menjadi orang desa yang ingin desanya maju, pemudanya berdaya, dan rakyatnya sejahtera. Gani bisa diintip aktivitasnya di instagram @afghani94.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Menarik Lainnya