Demam Bola Voli di Masa Pandemi

Pewarta : Adam Gumelar | Editor : Nurul Ikhsan

Fajarkuningan.com, Maleber – Di Kabupaten Kuningan olahraga bola voli sedang digandrungi warga di pedesaan. Terlihat di hampir semua desa banyak terbentuk tim bola voli putra dan putri. Tak hanya atlet remaja, kelompok usia senior seperti ibu-ibu pun ikut demam olahraga bola voli. Secara terjadwal, tim bola boli ibu-ibu rutin berlatih didampingi oleh pelatih. Bola voli menjadi pilihan berolahraga di masa pandemi.

Hampir setiap akhir pekan juga rutin digelar pertandingan bola voli persahabatan antar dusun, bahkan antar desa. Di satu desa saja bisa terdapat lebih dari tiga lapangan bola voli. Salah satu desa yang aktif dalam olahraga bola voli adalah Desa Galaherang, Kecamatan Maleber. Ada 10 dusun di Desa Galaherang, dimana masing-masing lingkungan dusun memiliki lapangan bola voli sendiri.

Sejak era tahun 80-an sampai saat ini, Desa Galaherang dikenal aktif di bidang olahraga bola voli. Melalui Karang Taruna, setiap tahunnya Desa Galaherang rutin menggelar turnamen, yang pelaksanaannya selalu dinanti oleh warga yang tinggal di desa dan di rantau.

Jurnalis Fajarkuningan dari Kantor Berita Kuningan berkesempatan melihat dari dekat aktifitas bola voli di Desa Galaherang, Sabtu (19/2/2022), tengah berlangsung pertandingan persahabatan antara tim Kertajaya dari Dusun Bunikerta dan Gempa dari Dusun Pabuaran.

Koordinator Tim Gempa, Hj. Euis Suprihatin hadir dan melihat langsung pertandingan persahabatan. Melalui pertandingan persahabatan tersebut, ia berharap bisa terbangun semangat berlatih bola voli dan mempererat silaturahmi dan kebersamaan.

Koordinator Tim Gempa, Hj. Euis Suprihatin. FOTO: Fajarkuningan/Adam Gumelar.

“Saya berharap dengan adanya latihan ini, semua tim putri bisa menjadi atlet andalan Desa Galaherang, dan bisa menjadi contoh buat tim-tim yang ada di Desa Galaherang,” ujar Teh Euis, sapaan akrabnya.

Pelatih Tim Gempa, Jumali, saat memberi arahan kepada tim asuhannya. FOTO: Fajarkuningan/Adam Gumelar.

Pelatih Tim Gempa, Jumali, mengungkapkan besarnya minat ibu-ibu berolahraga bola voli. Ia sendiri secara sukarela melatih, dan mendampingi setiap jadwal latihan dan saat mengikuti pertandingan pershahabatan atau turnamen resmi. Menurutnya, dengan berolahraga bentuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

“Saya selaku pelatih Gempa Putri Pabuaran, latihan yang rutin dilakukan agar ibu-ibu dan anak-anak sehat, juga mengurangi resiko penggunaan gadget, jadi anak-anak bisa lebih senang berolahraga,” katanya.

By Adam Gumelar

Aktivis lingkungan hidup ini terus bergerak untuk mencipta perubahan, untuk semesta alam tak rusak. Hobinya menanam pohon. Katanya, ia akan berhenti bergerak kalau teringat aroma kopi. Ya, Adam penikmat kopi sejati. Bergabung di Kantor Berita Kuningan (KBK) kata Adam seperti berada bangku sekolah yang tugasnya belajar, menulis dan dilatih peka. Selain memperkuat redaksi, cowok gede heureuy asal desa Puncak, Cigugur ini juga bergabung di Yayasan Wahana Mangrove Indonesia (WAHMI) dan Teman Sejalan Green Backpacker.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Menarik Lainnya