Sekolah Pascasarjana Uniku Gelar Workshop Penulisan Jurnal Nasional dan Internasional

Pewarta : Jamaludin Al Afghani | Editor : Nurul Ikhsan  

Fajarkuningan.com – Sekolah Pascasarjana (SPs) Universitas Kuningan (Uniku) membekali mahasiswanya untuk meningkatkan kompetensi penulisan karya ilmiah atau jurnal melalui kegiatan workshop penulisan jurnal nasional dan internasional. Workshop di gelar di Gedung Student Center Iman Hidayat Kampus I Uniku, Sabtu (8/1/2022).

Kegiatan workshop yang diikuti oleh 146 mahasiswa dan mahasiswi Sekolah Pascasarjana Uniku, dengan menghadirkan narasumber Guru Besar dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung Prof. Dr. Vanessa Gaffar, SE, Ak, MBA. Acara dipandu oleh Ketua Program Studi Magister Manajemen Sekolah Pascasarjana Uniku Dr. Dede Djuniardi, MM.

“Alhamdulillah, workshop penulisan jurnal nasional dan internasional dapat terselenggara dengan lancar dan sukses. Terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung acara tersebut. Saya sampaikan selamat datang dan terimakasih kepada Ibu narasumber yang telah hadir memenuhi undangan panitia untuk mengisi acara yang diselenggarakan oleh Sekolah Pascasarjana Uniku,” kata Dr. Zaenal Abidin, M.Si, mengawali laporan selaku ketua panitia pelaksana.

Menurutnya, tujuan dari kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan jumlah dosen terkait publikasi dan membekali mahasiswa Sekolah Pascasarjana dalam penulisan jurnal.

“Ini sebagai salah satu upaya kami untuk meningkatkan jumlah dosen terkait publikasi dan membekali mahasiswa SPs Uniku dalam penulisan karya ilmiah atau jurnal nasional dan internasional,” ujarnya.

Dijelaskan Zaenal, workshop diikuti sebanyak 146 peserta, terdiri dari mahasiswa SPs Uniku. “Alhamdulillah, ada 146 mahasiswa yang mengikuti kegiatan workshop kali ini. Semua peserta berasal dari mahasiswa SPs Uniku,” terangnya.

Direktur Sekolah Pascasarjana Dr. Entin Jumantini, M.Pd, dalam sambutannya mengatakan pihaknya menyampaikan apresiasi terselenggaranya kegiatan workshop penulisan jurnal nasional dan internasional.

“Alhamdulillah, pelaksanaan kegiatan workshop dapat berjalan lancar dan sukses. Terimakasih atas kerja keras semua pihak yang telah mendukung dan membantu kegiatan workshop ini sehingga dapat terselenggara dengan baik, lancar dan sukses. Tak lupa saya sampaikan ucapan selamat datang dan terimakasih kepada pemateri yang telah dapat hadir memenuhi undangan kami,” ucapnya.

Menurutnya, melalui workshop diharapkan dapat memberikan pengetahuan ilmu dan wawasan bagi mahasiswa dan dosen agar bisa menembus jurnal ilmiah nasional dan internasional yang bereputasi.

“Dosen dan mahasiswa memiliki kemampuan untuk menulis jurnal atau karya ilmiah, bahkan diharapkan dapat sampai menembus jurnal yang bereputasi. Kedepan, SPs Uniku sedang merencanakan bagi mahasiswa yang akan melakukan sidang tesis harus terlebih dahulu terbit jurnal maupun karya ilmiahnya di jurnal nasional maupun internasional yang bereputasi. Menulis karya ilmiah harus bisa terpublish ke jurnal–jurnal bereputasi. Semoga dari kegiatan ini dapat menambah wawasan dan ilmu terkait penulisan jurnal maupun karya ilmiah sampai terpublish ke jurnal–jurnal bereputasi,” ucapnya dengan penuh harap.

Rektor Uniku Dr. Dikdik Harjadi, SE, M.Si, mengatakan, artikel–artikel atau karya ilmiah itu harus dipublikasikan ke jurnal nasional dan internasional yang bereputasi. “Kalau kita mendengar publikasi, bukan hanya mahasiswanya saja yang puyeng. Namun dosennya juga agak sedikit puyeng. Mudah–mudahan kegiatan workshop sekarang yang digelar oleh SPs Uniku dapat membuka wawasan pengetahuan kita dalam penulisan jurnal atau karya ilmiah sampai dengan terpublikasijkan ke jurnal yang bereputasi,” ujarnya.

Diterangkannya, SPs sudah berencana yang diperuntukan bagi mahasiswa Pasca yang akan melaksanakan sidang tesis, harus terlebih dahulu karya ilmiahnya sudah terpublikasi ke jurnal nasional bereputasi. 

“Ini merupakan salah satu upaya untuk memotivasi dan dalam upaya untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi SDM sebagai calon lulusan. Ini sedang dibahas dan arahnya akan kesana,” terangnya.

Ia juga berharap, jurnal–jurnal ilmiah yang ada di SPs Uniku agar lebih ditingkatkan lagi baik jumlah dosen penulisnya maupun akreditasinya.

“SPs kedepan, jumlah maupun akreditasi jurnal ilmiahnya meningkat. Semoga, workshop yang hari ini dilaksanakan dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan lagi terkait penulisan jurnal yang sampai terpublish ke jurnal yang bereputasi,” pungkasnya. (Sep)

By Jamaludin Al Afghani

Ketua Karang Taruna Desa Galaherang, Kecamatan Maleber ini gandrung dengan kegiatan alam bebas. Mendaki gunung, berkemah dan menjelajah desa-desa menjadi hobinya sejak lama. Mahasiswa Pascasarjana Universitas Kuningan ini juga tertarik dengan isu-isu lingkungan hidup, selain isu-isu humaniora. Katanya, ia bangga menjadi orang desa yang ingin desanya maju, pemudanya berdaya, dan rakyatnya sejahtera. Gani bisa diintip aktivitasnya di instagram @afghani94.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Menarik Lainnya