Kantor Berita Kuningan Inisiasi Bentuk Komunitas Kuningan Historia, Siapkan Trip Situs Sejarah

Pewarta : Jamaludian Al Afghani | Editor : Dodo Murtadlo

Fajarkuningan.com – Besarnya minat warga di Kuningan tentang sejarah mendorong Kantor Berita Kuningan (KBK) menginisiasi membentuk komunitas Kuningan Historia.

Nurul Ikhsan selaku Pemimpin Redaksi Kantor Berita Kuningan yang menaungi portal berita Kuninganpos.com, Fajarkuningan.com, Kuninganhits.com, dan Kuningantoday.com, menjelaskan, Kuningan Hitstoria dibentuk untuk mewadahi peminat sejarah, dijalankan dengan egaliter, demokrasi, kekeluargaan, dan independen.

”Ide pendirian komunitas Kuningan Historia sudah kami siapkan cukup lama di KBK. Sebelumnya kami berdiskusi dan menemui sejumlah tokoh yang dianggap bisa memberi masukan dan arahan terkait fokus program di komunitas Kuningan Historia. Alhamdulilah banyak pihak yang mendukung pendirian komunitas Kuningan Historia ini,” ujar Kang Ikhsan, sapaan akrabnya, Senin (20/12/2021).

Dikatakan Kang Ikhsan, Kuningan Historia disiapkan untuk mewadahi peminat sejarah berkumpul khusunya bagi kalangan generasi muda. Komunitas ini, ujar kang Ikhsan, sebagai triger mengaktifkan kembali aktivitas menelusuri dan menggali sejarah dalam prespektif multikultural yang ada di wilayah Kuningan.

”Sejarah bagian dari disiplin ilmu, dan kami ingin Kuningan Historia bisa menjembatani dan mewadahi peminat sejarah bisa berkumpul dan membuat kegiatan bersama, seperti menggelar diskusi dengan isu-isu terpilih, dan secara periodik memprogramkan trip bertemakan sejarah dan budaya,” jelas Kang Ikhsan.

Sejumlah program pun sudah disiapkan Kuningan Historia, antara lain Walking Tour berkonsep trip sejarah dan budaya, Kuningan Historia Road to Campus, Kuningan Historia Road to School, Saresehan Sejarah dan Budaya, Diskusi Media, Pemilihan Duta Kuningan Historia untuk Mahasiswa dan Pelajar, Kampanye Literasi Sejarah, Reportase Sejarah untuk Mahasiswa dan Pelajar, Lomba Penulisan Sejarah Desa, Kuningan Historia Camp, Kuningan Historia Photo Expo, dan sejumlah program kerja lainnya.

”Siapa saja yang bergabung menjadi anggota di Kuningan Historia kami berharap mereka bisa mendapat pengalaman baru, dan keluarga baru. Semua program kegiatan kami buat fun dan kekinian, selain memaksimalkan semua platform media sosial agar bisa lebih meluaskan spektrum gerakan dan kampanye kami di Kuningan Historia. Mohon dukungannya, dan silahkan bergabung dilingkaran kecil kami,” kata Kang Ikhsan.

Kang Ikhsan juga menjelaskan, saat ini pihaknya tengah menyusun struktur kepengurusan di Kuningan Historia. Ia membuka kesempatan bagi individu yang mempunyai kesamaan visi, misi dan minat bisa bergabung menjadi pengurus aktif.

”Silahkan bisa mendaftar dan bergabung sebagai pengurus atau anggota. Jika ingin informasi lebih lengkap dan berninat menjadi bagian dari Kuningan Historia silahkan kontak ke kami melalui whatsapp 081312141359 di jam kerja,” pungkasnya.

By Jamaludin Al Afghani

Ketua Karang Taruna Desa Galaherang, Kecamatan Maleber ini gandrung dengan kegiatan alam bebas. Mendaki gunung, berkemah dan menjelajah desa-desa menjadi hobinya sejak lama. Mahasiswa Pascasarjana Universitas Kuningan ini juga tertarik dengan isu-isu lingkungan hidup, selain isu-isu humaniora. Katanya, ia bangga menjadi orang desa yang ingin desanya maju, pemudanya berdaya, dan rakyatnya sejahtera. Gani bisa diintip aktivitasnya di instagram @afghani94.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Menarik Lainnya