Kaji Isu Publik, HMI Kuningan Dorong Minat Baca

Pewarta : Agus Maulani | Editor : Nurul Ikhsan

Fajarkuningan.com – Minat membaca di kalangan mahasiswa mesti terus ditingkatkan guna meningkatkan intelektual kritis mahasiswa sebagai sosial kontrol di masyarakat.

Mahasiswa bisa menggali daya intelektualnya dengan membaca berita baik media cetak maupun media online dan sejumlah literasi dari sumber lain sebagai bahan kajian isu publik.

Hal itu dilakukan Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Kuningan dalam kegiatan Latihan Kader 1 (Basic Training) HMI Komisariat FKIP Universitas Kuningan dalam sesi materi manajemen aksi.

LK 1 HMI Komisariat FKIP Uniku diselenggarakan sejak Jumat hingga Minggu (17-19/12/2021) di Gedung Organisasi Wanita, yang diikuti sebanyak 44 orang mahasiswa.

Pemateri Manajemen Aksi yang juga Ketua HMI Cabang Kuningan periode 2017-2018 Arip Samsul Aripin mengatakan, kajian isu publik ini sangat diperlukan oleh kalangan mahasiswa. Apalagi saat mau melakukan aksi unjuk rasa atau demonstrasi.

“Kajian isu publik dilakukan untuk mematangkan materi aspirasi yang akan disampaikan saat mahasiswa mau melakukan unjuk rasa, oleh karenanya kami melatih mahasiswa yang mengikuti LK 1 HMI Komisariat FKIP Uniku untuk menentukan, mengkaji isu hingga aksi demonstrasi,” ujar Arip Samsul Aripin, Sabtu (18/12/2021).

Arip menuturkan, kajian dan simulasi aksi ini merupakan pembelajaran bagi kader HMI yang baru agar ke depan sudah memahami alur dan mekanisme aksi.

“Kami disini mengkaji isunya, para peserta membawa media cetak sebagai sumber informasi kajian isu publik. Hal ini juga sebagai upaya untuk meningkatkan minat baca dan melatih daya nalar kritis serta kepekaan terhadap lingkungan sekitar,” tutur Arip.

By Agus Maulani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Menarik Lainnya