Kuningan Institute Gelar Pelatihan Literasi, Keuangan dan Ekonomi Syariah

Pewarta : Jamaludin Al Afghani | Editor : Nurul Ikhsan

Fajarkuningan.com, Cilimus – Kuningan Institute menggelar Pelatihan Literasi, Keuangan dan Ekonomi Syariah. Pelatihan tersebut bentuk perhatian serius dan langkah kongkrit Kuningan Institute dalam menjawab tantangan zaman dan membekali kalangan pelajar untuk memahami ilmu literasi bidang ekonomi. Pelatihan dilaksanakan di Aula Pondok Pesantren Al-Mutawally, Kamis (16/12/2021).

Kegiatan pelatihan dihadiri oleh Ketua OSIS SMA/SMK/MA se-Kecamatan Cilimus dan Cigandamekar dengan berjumlah peserta sebanyak 100 orang. Pelatihan mengundang para pakar dibidangnya sebagai narasumber, antara lain Pimpinan BAZNAS Kuningan Dr. KH. Aang Asyari, Lc., M.Si, dan Dosen IAIN Syekh Nurjati Cirebon Dr. Arief Rachman, M.Si.

Pelatihan dibuka oleh perwakilan pimpinan Pondok Pesantren Al-Mutawally Dr. KH. Mahbub Nuryadien, M.Ag. Dalam sambutannya,  KH. Mahbub Nuryadien menyampaikan pentingnya pelatihan literasi dan keuangan berbasis ekonomi syariah.

Peserta antusias mengikuti pelatihan. FOTO: Fajarkuningan/Ist

“Kami dari pihak pondok menyambut baik adanya kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh Forum Kuningan Institute yang bekerjasama dengan Keluarga Alumni Pondok Pesantren Al-Mutawally (KAPPA) memberikan pelatihan yang baik untuk santri Al-Mutawally khususnya dan umumnya untuk para peserta dari berbagai sekolah untuk memahami ekonomi global maupun ekonomi syariah.” ujar Wakil Direktur Al-Mutawally.

Aang Asyari, dalam paparannya menyampaikan materi yang fokus terhadap ekonomi syariah. Menurutnya dalam pelatihan ini diharapkan siswa dan siswi yang mewakili sekolahnya masing-masing harus mengerti apa perbedaan antara ekonomi secara umum dengan istilah ekonomi syariah.

“Dalam studi atau konsen terhadap ilmu ekonomi, tidak ada istilah Ekonomi Syariah melainkan Ekonomi Islam. Dengan kata lain, ekonomi Islam sudah barang tentu berbasis syariah. Seyogianya para peserta mengetahui makna dari istilah-istilah tersebut, karena istilah Ekonomi Syariah hanya persoalan pemilihan diksi kata di Indonesia, namun istilah yang dipakai secara global ialah Ekonomi Islam,” paparnya.

Dr. Arief Rachman dalam paparan materinya menegaskan sisi penting literasi dan mengatur keuangan.

“Era kehidupan terus berkembang, fase dimana informasi setiap detik mampu diakses dan di update terus-menerus. Menandakan bahwa harus ada literasi atau pemahaman terhadap suatu isu kemudian mampu untuk memilah dan memilih mana yang baik dan tepat. Sebagai seorang santri, siswa/i kemampuan literasi sangatlah penting, tidak lebih penting dari mempelajari ekonomi. Memahami ekonomi artinya mengerti bagaimana mengatur keuangan, pemasukan, pengeluaran dan memperhatikan sumber pendapatan, memahami era baru dengan literasi dan pintar manajemen keuangan dengan basis global ataupun syariah itu sangat baik,” terang Dr. Arief Rachman, yang juga Dosen IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Ketua panitia penyelenggara, Hilman Fauzi menyampaikan ucapan terima kasih dan mengapresiasi keikutsertaan peserta pelatihan dan kepada berbagai pihak yang turut serta mensukseskan kegiatan pelatihan.

“Terima kasih saya sampaikan kepada berbagai pihak yang terkait, khususnya pihak pondok, narasumber dan panitia yang sudah membantu menyelenggarakan pelatihan ini dan tak lupa kepada para peserta dari berbagai sekolah, semoga adik-adik dapat mengikuti pelatihan ini dengan penuh suka cita dan mengikuti hingga akhir acara,” ujar Hilman. (BR, Bayu Anggara)

By Jamaludin Al Afghani

Ketua Karang Taruna Desa Galaherang, Kecamatan Maleber ini gandrung dengan kegiatan alam bebas. Mendaki gunung, berkemah dan menjelajah desa-desa menjadi hobinya sejak lama. Mahasiswa Pascasarjana Universitas Kuningan ini juga tertarik dengan isu-isu lingkungan hidup, selain isu-isu humaniora. Katanya, ia bangga menjadi orang desa yang ingin desanya maju, pemudanya berdaya, dan rakyatnya sejahtera. Gani bisa diintip aktivitasnya di instagram @afghani94.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Menarik Lainnya