Yayasan Cancer Support Kuningan Gelar Edukasi Kanker di Desa Jalatrang Kecamatan Cilebak

Pewarta : Adam Gumelar | Editor : Nurul Ikhsan

Fajarkuningan.com, Cilebak – Yayasan Cancer Support Kuningan (CSK) melaksanakan kegiatan sosialisasi dan edukasi mengenai kanker di Desa Jalatrang, Kecamatan Cilebak, Kabupaten Kuningan, Rabu (17/11/2021). Sepanjang kegiatan, seluruh peserta yang mengikuti kegiatan terlihat antusias dan tertib menjalankan prokes.

Dituturkan Ketua Yayasan Cancer Support Kuningan, Sari Maryati, sosialisasi dan edukasi mengenai kanker tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan umum kepada masyarakat di Kabupaten Kuningan mengenai apa itu kanker, terutama kanker payudara, termasuk mengenal gejala kanker payudara, bagaimana cara mendeteksi dini gejala kanker payudara dengan mandiri (sebelum mengecek ke dokter), bagaimana penanganan, dan pengobatan yang harus dilakukan jika masyarakat terdiagnosa mengidap penyakit kanker payudara.

Peserta terlihat antusias mengikuti kegiatan sosialisasi dan edukasi kanker. FOTO: Fajarkuningan/CSK

BACA JUGA : Kemenag Cairkan Insentif Rp66 M untuk 44.000 Guru PAI Non PNS

“Masyarakat begitu antusias mengenal edukasi tentang kanker payudara. Bahkan mereka terbuka atau tidak malu-malu untuk menyampaikan keluhannya terutama keluhan di area payudara,” ungkap Ketua Yayasan Cancer Support Kuningan, Sari Maryati, kepada Fajarkuningan dari Kantor Berita Kuningan.

Hal senada disampaikan staf admin CSK, Maisya Carolina. Menurutnya edukasi tentang kanker penting untuk diketahui masyarakat sebagai upaya deteksi dini dan masyarakat khsusnya kaum perempuan dapat mengetahui cara penanganannya.

Peserta menyimak seluruh materi yang disampaikan oleh tim dari CSK. FOTO: Fajarkuningan/CSK

BACA JUGA : PERSIB U-17 Juara Grup F Soeratin

“Masyarakat perlu tau mengenai hal ini karena semakin cepat masyarakat mengetahui adanya gejala tersebut, jadi bisa lebih cepat ditangani dan diobati. Kadang ada saja masyarakat yang tidak tau, mereka pikir benjolan yang tumbuh itu hanya benjolan biasa padahal sebenarnya lebih baik diperiksa lebih lanjut. Kanker itu perkembangannya sangat cepat, jadi kalau misalnya tidak ditangani dengan cepat, akan cepat membesar juga benjolannya,” ungkap Maisya Carolina yang akrab dipanggil Olin.

Ditambahkan Sari Maryati, CSK kedepannya akan terus konsisten memprogramkan sosialisasi dan edukasi tentang pemahaman masyarakat tentang kanker.

BACA JUGA : Juara Grup F Kompetisi Soeratin, Kinerja PERSIB U-17 Dapat Apresiasi

Kebersamaan peserta dan fasilitator dari CSK. FOTO: Fajarkuningan/CSK

“Kedepannya harapan saya pengen lebih banyak lagi adain sosialisasi dan edukasi tentang kanker payudara ke desa-desa di Kabupaten Kuningan, supaya masyarakat punya pengetahuan mengenai kanker payudara dan mereka bisa mengetahuinya lebih dini karena semakin awal mengetahui diagnosa maka akan semakin besar kesempatan untuk sembuh. Mudah-mudahan saya bisa menjankau lebih banyak lagi masyarakat di Kuningan dan membantu masyarakat baik di bidang kanker maupun di bidang sosial lainnya,” ungkap Sari Maryati.

Maisya Carolina juga mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan semua pihak hingga sukses terlaksananya kegiatan tersebut.

“Terima kasih untuk seluruh aparat desa dan juga warga Desa Jalatrang. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan keselamatan. Semangat melawan kanker. Together we can beat it!,” pungkas Olin.

Sebagai yayasan yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan, untuk warga yang membutuhkan bantuan dapat menghubungi kontak CSK :

No. Telp : 0821-3720-0677

Facebook : cancersupportkuningan

Instagram : @cancersupportkuningan

By Adam Gumelar

Aktivis lingkungan hidup ini terus bergerak untuk mencipta perubahan, untuk semesta alam tak rusak . Hobinya menanam pohon. Katanya, ia akan berhenti bergerak kalau teringat aroma kopi. Ya, Adam penikmat kopi sejati. Bergabung di Kantor Berita Kuningan (KBK) kata Adam seperti berada bangku sekolah yang tugasnya belajar, menulis dan dilatih peka. Selain memperkuat redaksi, cowok gede heureuy asal desa Puncak, Cigugur ini juga bergabung di Yayasan Wahana Mangrove Indonesia (WAHMI) dan Teman Sejalan Green Backpacker.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Menarik Lainnya